Peralatan dasar berkemah yang harus dibawa

foto kemah
foto kegiatan kemah

Berkemah memang suatu kegiatan yang menarik kita bisa mengenal alam dan bercengkarama dengan mereka di saat kita meninginkan kedamaian, tapi sebelum berkemah kita perlu mempersiapkan peralatan, fisik maupun mental karena kita akan berada di tempat yan asing dan kemungkinan baru.

Sebelum berkemah ada beberapah hal yang perlu diperhatikan, jika anda memang baru dan belum berkemah sangat di sarankan anda berkemah dengan mengajak orang yang sudah berkemah sebelumnya agar anda dapat belajar dari dia. Itu akan lebih bermanfaat dari pada anda merasa tertekan dalam perencanaan karena tidak tau apa yang harus di persiapkan.

Ada dua hal yang perlu anda perhatikan saat berkemah yang pertama adakah peralatan berkemah dan yang kedua adalah perbekalan berkemah, peralatan berkemah adalah peralatan yang diperlukan untuk kita akar bisa membuat tempat untuk berlindung sedangkan perbekalan mengarah kepada bekal untuk makan, obat-obatan ataupun peralatan kesehatan lainnya.

Peralatan yang terpenting dalam berkemah adalah tenda, tenda akan disesuaikan dengan kebutuhan anda nantinya, ada beberapa tenda yang besar dan memuat 2 sampai dengan 6 orang, ataupu tenda besar yang memuat puluhan orang, namun yang terenting adalah kualitas tenda, yang pasti tenda harus kuat, kokoh dan tentunya tahan air, jika anda berkemah di pegunungan perlu juga mempetimbagkan daya tahan tenda jika kemungkinan terjadinya badai, kekuatan tenda bisa dilihat dari bahan tenda mulai dari tongkat-tongkat rangaka dan bahan tendanya, makin tebal dan kuat biasanya akan tahan terhdap badai namun kelemahannya tenda akan menjadi berat dan beban anda menjadi bertambah, tenda yang ringan biasanya kurang tahan badai namun anda akan mudah untuk membawanya.

Yang kedua alah sleping bag atau kantong tidur, sleping bag penting karena anda akan di luar rumah tentunya perlindungan dari tenda kurang maksimal anda dapat memanfaatkan sleeping bag, karena dia akan melindungi diri anda dari angin dan dingin yang kemungkinan masuk dan bisa jadi air atau embun yang tembus sampai ke tenda. Udara dingin juga bisa di halau dengan sleeping bag yang bagus.

Sekanjutnya yang mungkin diperlukan adalah alas tidur atau jika perlu juga kasur udara, ini jika anda memang sangat memerlukan atau berkemah di tempat yang mudah terjangkau sehingga anda tidak perlu repot-repot membawanya dengan berjalan kaki, bisa menggunakan kendaraan.

Setelah tenda, sleeping bag dan alas tidur anda juga memerlukan peraltan memasak, anda harus membawa kompor portable, atau kompor berbahan spiritus atau parafin, yang paling mudah mungkin yang berbahan parafin. Anda juga harus membawa Nesting (panci untuk memasak).

Itulah beberapa peralatan dasar yang harus di bawa untuk peralatan lain seperti P3K, perlengkapan pribadi kita akan bahas di artikel yang lain.