Tips Memulai Bisnis Online

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online. Kenapa bisnis online, karena sekarang hampir semua orang di Indonesia telah dapat mengakses internet dengan mudah, menurut survei yang di lakukan oleh  Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 Juta Jiwa, itu untuk survei tahun 2016. tentu di tahun ini jumlah ini akan berubah menjadi lebih banyak.

Kembali ke topik tips memulai bisnis online, semulai memulai bisnis online yang pertama perlu anda lakukana adalah memilih jenis bisnis online yang sesuai dengan minat anda, karena untuk saat ini ada banyak sekali bisnis online yang bisa anda tekuni. Kita bisa kategorikan menjadi beberapa kategori sebagai berikut ini.

A. Publisher/Penerbit

Sebagai seorang publisher tugas anda adalah membuat sebuah konten atau berita, seperti layaknya surat kabar, majalah, koran atau televisi dalam dunia nyata. Dalam dunia online anda perlu membuat blog atau website yang berisi infromasi atau berita sesuai dengan keingina atau keahlian anda, misalnya anda suka memperbaiki motor maka anda bisa membuat blog tips-tips memperbaiki motor, atau jika anda suka memasak maka anda bisa membuat website tentang resep masakan. Dan jika anda suka membuat video anda bisa membuat video apapun yang anda sukai kemudian anda upload di youtube.

Tujuan utama dari publisher ini adalah mendapatkan pengunjung, semakin banyak pengunjung maka anda bisa memulai bisnis online anda melalui jalan publisher ini. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari internet melalui jalan ini. Caranya adalah dengan iklan, ya dengan memberikan space pada website anda blog anda untuk di pasang iklan oleh pihak ketiga. Bagaimana caranya akan di jelaskan dalam video kami selanjutnya.

B. Affiliate Marketer

Cara kedua untuk memulai bisnis online adalah dengan menjadi affiliate marketer, apa itu affiliate marketer ? affiliate marketer bertugas untuk memasarkan produk orang lain, biasanya produk yang di jual adalah produk dari pihak ketiga, bukan produk anda sendiri. Sebagai seorang affiliate marketer anda harus memiliki skil dan kemampuan yang mumpuni dalamn dunia internet marketing, karena untuk menjadi affiliate marketer tidak semudah anda menjadi publisher atau menjadi pedagang online.

Walaupun pada dasarnya tugas affiliate marketer itu sangat sederhana sekali, yaitu menjualkan produk orang lain, dan kebanyakan dari mereka adalah menjual produk digital seperti ebook, software, musik dan lain sebagainya. Di idonesia untuk menjadi affiliate marketer anda bisa langsung mendaftar gratis di situs ratakan.com atau di idaff.com.

C. Menjadi Pedagang Online.

Ya ini adalah cara yang paling mudah untuk memulai bisnis online, anda bisa menjadi pedagang online dengan menjual produk fisik anda secara online. Ini mudah saja anda bisa memanfaatkan marketplace yang sudah ada seperti tokopedia atau buka lapak.

Tips Memulai Bisnis Online

  1. Tentukan passion anda di bidang apa, disitulan nanti anda akan memulai bisnis online.
  2. Tentukan platform yang sesuai dengan anda, misal jika anda suka menulis anda bisa membuat blog, anda suka membuat video anda bisa membuat yotube, dan jika anda suka berjualan anda bisa memulai dari jualan produk di tokopedia atau buka lapak.
  3. Pastikan anda akan memberikan yang terbaik untuk bisnis anda sesuai dengan kondisi anda saat ini. Apapu yang akan anda buat adalah yang terbaik dari diri anda saat ini dan tentu dengan berjalannya waktu anda akan semakin baik dari hari ke hari.
  4. Mulailah dari sekarang.