Cara mudah mengajari anak untuk gemar menabung

Banyak anak sekarang yang tidak memahami betul bagaimana mereka menggunakan uan mereka, banyak hal yang perlu mereka persiapkan salah satunya adalah bagaimana mereka menyimpan uang yang nantinya akan di pakai untuk keperluan mereka selanjutknya di masa depan. Anda sebagai orang tua memiliki peranan penting dalam hal ini.

Sebsgsi orsng tua kita harus bsa mengajari anak untuk mengelola keuangan  mereka sedini mungkin, cara menghemat uang juga perlu diajarkan, dan tentunya mereka harus tau konsep uang, investasi, dan tentunya manajemen dari itu semua.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda pakai untuk mengajari anak agar mereka gemar menabung :

 

  1. Ajari anak tentang makna uang, kegunaan dan fungsinya, kemudian baru ajari mereka cara menghitung uang. Gunakan cara yang sederhana untuk mengajari mereka dan tentunya ajari secara konsisten dan tidak berubah-ubah anda sendiri juga harus melaksanakan apa yang ada ajarkan.
  2. Jelaskan manfaat dari menabung, dengan mengerti manfaat dari menabung anak akan menjadi tertarik untuk menabung
  3. Ketika anda memberi uang jajan untuk anak berikanlah mereka dalam bentuk pecahan jangan sekaligus, misalnya datu hari 5000 atau satu minggu 50.000, ajari anak juga jika mereka mnginginkan sesuatu mereka harus bisa menyisihkan uang jajan yang mereka terima dan tabung dahulu ketika sudah cukup anak dapat membelanjakan uang tersebut untuk membeli barang yang mereka inginkan.
  4. Tidak ada salahnya untuk mengajari anak tentang konsp ker ja dan uang, mulai dari rumah beri anak pekerjaan dan berikan mereka imbalan uang, cara ini memang bagus namun anda harus berhati-hati karena jika hal ini dilakukan tidak dengan bijak akan membuat anak selalu apa apa di nilai dengan uang.
  5. Celengan juga bisa anda berikan agar anak gemar menabung, anda dapat ajarkan bahwa uang sedikti atau uang kecil lama – lama bisa menjadi banyak jika anak masukan ke dalam celengan mereka

 

Uang adan anak tidak dapat anda ajarkan secara instan, anda dan anak memerlukan waktu yang konsiten, anda harus bisa mengaitkan kegiatan anak yang berhubungan dengan uang dan bagaimana cara anka mengelolanya.

Demikian artikel ini apra orang tua yang berbahagia, semoga bermanfaat.