Know your partner values

Tidak begitu mudah untuk membuat judul artikel ini tapi intinya begini, ketahui nilai-nilai yang pasangan kamu miliki. Kita sejak kecil memperoleh nilai-nilai yang ditanamkan oleh orang tua kita di rumah, berbagai macam memang mislnya suatu ketika kita bermain sampai dengan sore melewati maghrib, mama pasti akan mencari kita, nak cepat pulang yang tidak baik bermain waktu maghrib karena ini waktunya setan-setan pada keluar.. damnn siapa yang tidak takut.

Tiap budaya, tiap tradisi memiliki nilai-nilai yang bebeda karena kebudayaan yang berbeda, namun nilai dari keluarga ketika kita beranjak dewasa mulai sedikit berkurang karena berbagai hal, namun yang terpenting adalah karena kita bersekolah, ya dengan bersekolah kita akan mendapatkan nilai-nilai baru dan jika itu bertentangan dengan nilai yang sudah anak peroleh dari keluarga maka nilai yang terkuat yang akan lebih menonjol.

Nilai budaya bisa jadi berbeda, namun ada nilai-nilai yang bersifat universal dan nilai ini bisa jadi akan sama di berbagai budaya masyarakat, misalnya nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai kasih sayang, nilai sopan santun seperti menghormati orang tua, berbuat baik kepada saudara, tidak boleh mencuri, tidak boleh membunuh. Ini adalah nilai universal yang sebenarnya sama untuk setiap budaya hanya adat istiadat yang berbeda.

Adat istiadat adalah cara kita melaksanakan nilai-nilai universal yang akan berbeda untuk setiap budaya, misal di Indonesia untuk menghormati orang lebih tua adalah dengan mencium tangan tapi akan berbeda jika kita Amerika misalnya.

Jadi pahami nilai-nilai universal dari pasangan kita bicarakan pelaksanaan dari nilai-nilai universal tersebut, jangan terbalik jika kita mempermasalahkan adat istiadat atau kebiasaan maka akan sulit untuk menemukan persamaan yang ada akan penuh dengan perbedaan dan persepsi yang keliru.

Dalam setiap hubungan pasti akan ada perbedaan apapun itu, bahkan jika anda dilahirkan dalam kota yang sama dalam pengasuhan yang sama atau dalam sekolah yang sama perbedaanpun akan ada, lalu bagaimana cara mengatasi perbedaan ini.

Berikut ada beberapa tips dari Christy Washington ketua harian OnlineSociety California NY., Untuk mengatasi perbedaan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :

  1. Komunikasi, semarah apapun anda komunikasi adalah kuncinya, bersikaplah terbuka dalam komunikasi agar permasalah bisa segera terselesaikan
  2. Kejujuran, jujurlah dalam berpendapat, terkadang satu kebongan akan menimbulkan kebohongan yang lain
  3. Teamwork, ini adalah inti dari sebiah hubungan, dimana perbedaan harus bisa menciptakan kerjasama yang bagus, dengan pembagian tugas yang tepat, dapat memahami nilai nilai yang di pahami pasangan merupakan pondasi dari keberhasilan teamwork
  4. Fokus, artinya ketika menghadapi masalah jangan bicarakan masalah lain yang sudah selesai atau masalah dahulu karena akan memperkeruh masalah sekarang
  5. Toleransi dan kompromi, sangat penting toleransi artinya kita bisa memahami nilai-nilai dari pasangan kita sehingga kita dapat menerima apa yang dilakukan pasangan meskipun menurut kita kurang sesuai sedangkan kompromo adalah bagaimana kita membicarakan suatu perbedaan menjadi suatu kekuatan, menjadi saling mengerti

 

Masih menurut Christy Washington berikut adalah aturan dasar dalam perkawinan :

  1. Jangan pernah marah pada saat yang sama. Bila si dia sedang marah, kita sebaiknya tidak terpancing, demikian pula sebaliknya.
  2. Jangan pernah membentak satu sama lain.
  3. Jika Anda harus mengkritiknya, lakukan dengan manis atau halus.
  4. Jangan pernah mengungkit-ungkit kesalahan di masa lalu.
  5. Jadikan pasangan Anda sebagai orang yang paling penting dalam kehidupan Anda.
  6. Jangan pernah pergi tidur saat argumen belum terselesaikan.

 

Sepertinya kuota mau habis, tidak perlu saya jelaskan semoga kita semua bisa memahaminya, karena nilai-nilai diatas adalah nilai universal.

Gan En