Cara Menghilangkan Grogi pada saat presentasi ujian interview

Setelah pada artikel sebelumnya saya membahas tentang tips cara menghilangkan rasa minder dan pemalu pada artikel ini kita lanjutkan tips selanjutnya yaitu cara menghilangkan grogi yang berlebihan saat presentasi, pidato, manggung, ujian maupun saat interview. Bagaimna tekniknya ? sebenarnya anda bisa juga menggunakan teknik di artikel cara menghilangkan rasa minder namun saya akan menggunakan cara yang berbeda tentunya, karena itulah artikel ini saya tulis.

menghilangkan grogi
image from: http://avmedia.info/

Rasa grogi saat presentasi atau berbicara di depan umum di sebabkan oleh berbagai diantaranya adalah :

  1. Kurang latihan
  2. Tidak menguasai materi
  3. Persepsi yang salah
  4. Lingkungan dan orang baru

Jika diantara empat penyebab diatas anda masih terdapat dalam diri anda caranya tentu mudah hanya dengan merubah penyebab tersebut, misalnya anda grogi karena kurang latihan maka perbanyak latihan, anda grogi karena tidak menguasai materi maka belajarlah. Itulah tips sederhanan menghilangkan grogi, mudah bukan ? tapi tunggu dulu kita lihat bagaimana NLP tidak hanya memberikan pemahaman namun memprogram ulang otak anda untuk membentuk perilaku yang anda inginkan yaitu menghilangkan grogi saat presentasi atau interview, berikut adalah caranya :

Lankah pertama menghilangkan gorogi, sarang pikirkan kondisi yang anda inginkan misalnya tidak grogi berlebihan saat interview, tidak pikirkan ini saja perasaan anda sangat percaya diri saat interview putar dalam otak anda dengangar lihat dan rasakan anda sangat percaya diri saat interview anda dapat menjawab dengan bagus semua pertanyaan termasuk pertanyaan sulit maupun pertanyaan yang tidak anda duga akan di tanyakan anda dapat menjawabnya dengan kreatifitas anda dan dengan sangat percaya diri. Buat pengalaman ini senyata mungkin dan seriil mungkin, ulangi langkah ini sampai benar-benar nyata dan riil gunakan semua indera untuk merepresentasikannya.

Breakstate lakukan kegiatan lain, misalnya minum air putih, lanjutkan

Langkah kedua menghilangkan grogi berlebihan saat interview, ulangi langkah pertama munculka lagi perasaan itu untuk kemudian sadari bahwa diri anda yang sekarang perlahan-lahan masuk kedalam diri anda baru, gunakan imajinasi dan kreatifitas anda, diri anda sekarang masuk ke dalam diri anda yang baru, lihat dengar dan rasakan gunakan imajinasi dan kreatifitas anda. Ulangi langkah ini sampai benar-benar nyata.

Breakstate, minum air putih dingin kalau anda

Langkah ketika, sekarang bayangkan buat senyata mungkin buat seriil mungkin anda sekarang memiliki perilaku baru yaitu sangat percaya diri saat interview dan buat seolah-olah anda akan melakukan interview kerja di sebuah perusahaan besar, bayangkan anda memperisapkan semuanya, anda berangka ke sana dengan percaya diri, anda sampai di sana dengan percaya diri, pakaian anda rapi, anda tenang, dan lihat dengar rasakan orang-orang disana sangat terbuka dan ramah terhadap anda, anda menjalani interview dengan lancar dan memuaskan, dan langsung hari itu juga dengan yakin bagian personalia menerima anda untuk bekerja di tempat itu dengan gaji yang memuaskan.

Selesai, break satae, ulangi jika perlu

Mudah bukan, mudah karena otak kita memang super cerdas jadi sangat sederhana untuk mengoperasikannya, untuk hasil lebih maksimal awali kegiatan ini dengan berdoa dan lebih bagus lagi jika di awali denga ibadah khusus misalnya yang muslim bisa dilakukan di malam hari sesudah shalat hajat.

Selamat mencoba.