Cara menghilangkan ngantuk saat belajar di kelas atau berkendara

Rasa ngantuk baik ringan maupun berat saat ketika belajar d kelas baik itu waktu siang maupun malam maka alangkah baiknya jika kita bahas terlebih dahulu apa penyebab ngantuk itu.

mengantuk saat belajar di kelas
image from : http://i.telegraph.co.uk/

Hal pertama yang akan muncul dalam pikiran kita jika melihat orang lain ngantuk adalah kurang tidur, ketika seseorang kurang tidur maka tubuh mereka akan kurang sehat sehingga akan menyebabkan mereka mengantuk, hal ini sebenarnya adalah hal yang normal saja karena tubuh memberikan sinyal ke orang tersebut bahwa dia butuh untuk istirahat.

Penyebab rasa ngantuk berikutnya adalah rasa bosan yang berlebihan, rasa bosan akan menyebabkan anda tidak bisa berpikir dengan tenang, bosan akan membuat pikiran sadar anda merasa lelah dan akan membawa anda secara berlahan ke kondisi ngantuk dan tidur.

Penyebab bosan lainnya adalah kurangnya olahraga dan penyebab yang disebabkan oleh gejala sakit tertentu seperti anemia atau kurang darah.

Bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk ?

Semua yang dilakukan oleh tubuh anda pasti mempunyai tujuan positif termasuk rasa ngantuk ini, carilah penyebabnya dan berdamailah dengan diri anda sendiri, dan jika rasa ngantuk makin parah misalnya ketikan anda berkendara beberapa saat kemudian dan mengantuk dan hal ini terus berlangsung maka hal ini harus anda atasi sesuai dengan prinsip pertama ini anda dapat menyelesaikan rasa kantuk anda dengan metedoe si step reframing. Berdialoglah dengan bagian anda yang menyebabkan rasa kantuk dan bertanyalah kepada bagian kreatif anda untuk mengganti rasa kantuk ini dengan hal yang lain.

Cara kedua untuk menghilangkan rasa kantuk saat belajar atau berkendara adalah dengan mencari penyebab rasa kantuk anda, misalnya ketika anda duduk dengan bersandar anda akan cepat mengantuk maka ubahlah pola anda, dan bila perlu anda bisa berdiri untuk menghindari rasa kantuk ketika anda sedang duduk, carilah penyebabnya dan segera selesaikan. Pelajari juga pola – pola tubuh anda jika mengantuk amati submodalitasnya dan ubah ke arah yang berlainan.

Cara ketika adalah dengan menggunakan anchor, buat anchor ketika adan sangat bersemangat dan bergelora untuk kemudian bisa anda akses ketika kondisi tubuh anda sedang menngantuk.

Demikianlah sedikit cara sederhana dalam mengatasi rasa mengantuk baik dalam belajar di kelas, dalam berkendara maupun dalam aktifitas yang lainnya.

Catatan kaki :
Rasa mengantuk juga bisa desebabkan ketika adan selesai makan besar, rasa kantuk ini menurut sebagaian orang adalah alami dan jika anda percaya maka anda akan mengalaminya anda akan mengantuk dan tertidur ketika anda sehabis makan. Salah hormat dan selamat mengantuk untuk anda yang semalam bergadang.