NLP dalam Islam

Sebelum membahas lebih lanjut NLP dalam Islam anda bisa membaca terlebih dahulu apa itu NLP dalam definisi dan pengertian NLP dalam artikel kami sebelumnya. Dan berikuta sebagai pendahuluan saya sajikan kembali pengertian NLP menurut para ahli :

NLP dalam Islam
img from : http://wallpoper.com/

NLP adalah ilmu memodel (bukan meniru, tetapi menguasai kompetensi seseorang dengan cepat) (Krishnamurti)

NLP adalah sebuah metode untuk melakukan modeling terhadap sebuah kemampuan sehingga dapat diduplikasi (Teddy Prasetya)
NLP adalah bicara soal bagaiman syaraf otak (neuro) membuat suatu program perilaku tertentu (modelling) yang disebut internal programming dan bagaimana program itu dapat ekspresikan dalam bentuk perilaku yang disebut behavioural success (Waidi*)

Jika dilihat dari sejarahnya NLP berawal dari hasil observasi John Grinder dan Richard Bandler dimana mereka melakukan observasi terhadap para psikoterapis dan people help terbaik diantaranya adalah Fritz Perls, setelah mengamati cara terapi yang di lakukan Perls kemudain Grinder dan Bandler mencobanya sendiri dengan cara yang persis sama di lakukan oleh Perls maka di dapatkanlah keberhasilan yang sama. Tidak hanya Perls mereka berdua juga melakuka observasi terhadapat terhadap people help yang lain seperti Virginia Satir dan Milton H. Erickson, hasil yang di dapat juga sama, hanya dengan modeling mereka bisa meniru dan mendpatkan hasil yang sama.

Kemudian apa hubungannya dengan Islam dan bagaimana NLP dalam Islam ? karena saya bukan Ustad jadi saya tidak bisa memastikan bahwa NLP itu Haram atau NLP itu boleh, namun coba artikanlah beberapa ayat dalam kitab suci berikut :

“Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasulullah suri teladan yang baik bagi orang yang berharap kepada Allah, hari akhir dan bagi orang yang banyak mengingat Allah.” (Al-Ahzab: 21)

Dari satu ayat di atas terlihat dan terdengar jelas bahwa untuk menjadi seorang muslim harus mempunyai suri tauladan yang baik, dengan memiliki tauladan maka kita bisa bertindak dan berbuat sesuai dengan pola yang sudah di tetapkan oleh pemberi tauladan. Dengan meniru Rasullulah maka diharapkan kita dapat memiliki perilaku seperti beliau, itu mungkin amanat dari ayat diatas.

Jadi bagaimana hukum NLP dalam Islam ?

Cari tahu jawabannya dengan belajar NLP dan membandingkannya sendiri.
* https://waidi.wordpress.com/2006/03/31/apakah-nlp-itu/ diakses 20 Februari 2015