Contoh RPP 1 Lembar SMK

Kebijakan menteri pendidikan yang baru di tahun 2020 ini memberikan harapan baru bagi para guru-guru di seluruh Indonesia Raya, kebijakan yang terkait dengan RP satu lembar merupakan salah satu kebijakan yang banyak menyedot atensi dari para guru. Berikut adalah contoh RPP satu lembar untuk SMK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Mata Pelajaran            : Teknologi Perkantoran

Materi                          :  Transaksi akuntansi belanja satke dan akuntansi desa / kelurahan

Waktu                         :   8 x 45 menit

 

KD 3 KD 4
3.5. Menerapkan pengoperasian aplikasi
pengolah presentasi

3.5.1. Menerapkan pengoperasian aplikasi  pengolah presentasi

3.5.2. Mempresentasikan pengoperasian aplikasi pengolah presentasi

4.5. Mengoperasikan aplikasi pengolah presentasi

4.5.1. Mengoperasikan aplikasi pengolah presentasi

4.5.2. Mempresentasikan  aplikasi pengolah presentasi

 

Melalui model pembelajaran discovery learning, peserta didik  dapat mengenal operasi dasar dan membuat format presentasi dengan mengembangkan nilai karakter berpikir kritis , kreatif (kemandirian), kerjasama (gotong royong) dan kejujuran (integritas) .

 

Langkah-langkah pelakasanaan Pembelajaran Pertemuan 1

A. PENDAHULUAN

  1. Guru memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai, dilanjutkan dengan mengecek kehadiran peserta didik.
  2. Guru memberi apersepsi tentang mengenal operasi dasar dan membuat format presentasi.
  3. Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan mengenal operasi dasar dan membuat format presentasi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi mengenal operasi dasar dan membuat format presentasi.
  5. Guru menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi pembelajaran mengenal operasi dasar dan membuat format presentasi.

 

B. KEGIATAN INTI

  1. Guru memberikan stimulus berupa tayangan gambar/video tentang mengenal operasi dasar dan membuat format presentasi.
  2. Pesertadidik mengidentifikasi kejadian dalam video tersebut. Pada kegiatan ini diharapkan  muncul pertanyaan-pertanyaan kritis dari peserta didik/guru, antara lain:
    – Apa itu aplikasi power point ?
    – Bagaimana cara mengoperasikan power point ?
    – Bagaimana cara membuat format presentasi ?
  3. Peserta didik dengan teliti mencari dan mengumpulkan data/informasi tentang hubungan video tersebut dengan materi yang ada di buku.
  4. Peserta didik melakukan percobaan mengenal Microsoft power point dan membuat format presentasi.
  5. Peserta didik diminta untuk mengumpulkan data hasil pekerjaan mereka.

 

C. KEGIATAN PENUTUP:

  1. Memfasilitasi Peserta didik untuk mereview pembelajaran yang telah dilaksanakan
  2. Melaksanakan penilaian untuk mengetahui ketercapaian indicator
  3. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk menyelesaikan mengisi mengenal operasi dasar dan membuat format presentasi.
  4. Berdoa bersama dan memebri salam.

 

D. PENILAIAN

Teknik Penilaian

  1. Penilain sikap observasi/pengamatan/jurnal
  2. Penilaian pengetahuan: tertulis
  3. Penilaian keterampilan : praktik/portofolio

 

Bentuk Penilaian:

  1. Obsesrvasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
  2. Tes tertulis : uraian dan lembar soal
  3. Unjuk kerja : lembar penilaian praktik. Portofolio

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                    Jakarta,  Januari 2020

Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran

 

Permata Permai                                                                                                  Johan Jusman