Kata Ka Dinas tentang Guru yang Pacaran dengan Murid

Laporan Wartawan wartakotalive.com, Theo Yonathan
Utankayu, Wartakotalive.com

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, terkait guru yang memacari muridnya, sebenarnya tak ada larangan untuk melakukan hal itu.

“Itu kan manusia, tidak mungkin bisa dibatasi seperti itu,” kata Taufik. Namun, Taufik mengatakan, sebagai orang yang bekerja di institusi pendidikan, sudah semestinya menjaga kesantunan dalam melakukan hal itu (Pacaran dengan murid,red).

“Harus bisa menempatkan diri. Harus bisa mengaktualisasikannya. Bahkan kalau caranya benar, bukan tidak mungkin itu menjadi contoh (gaya guru berpacaran dengan murid tetapi secara santun,” ujar Taufik.

Bahkan, Taufik mengatakan, guru juga akan lebih baik apabila bisa mengendalikan diri. Misalnya, apabila ada seorang murid yang mengajak guru pacaran, guru bisa saja menolak dulu dengan cara yang santun. “Misalnya dijawab, nanti saja sehabis kuliah,” kata Taufik.
Namun, Ketua Divisi Pengawasan KPAI, Mohamad Ikhsan, berpendapat lain. Dengan tegas, Ikhsan mengatakan, guru tidak boleh memacari muridnya.

Menurut Ikhsan, lantaran siswa SMA ini sebagian besar masih berada dalam kategori anak. “Jangan dipacari dong, kan mereka masih anak-anak. Itu justru bisa kena hukuman perlindungan anak,” kata Ikhsan.

Sumber : http://wartakota.tribunnews.com