RPP Administrasi Umum SMK Revisi Terbaru

Salam bahagia para guru di seluruh nusantara persada, berikut akan saya share RPP administrasi umum untuk SMK yang menggunakan kurikulum 2013 revisi terbaru pada 22017, 2018 dan 2019. RPP ini telah disusun secara lengkap yang terdiri dari.

  1. Program tahunan
  2. Program Semester
  3. KKM
  4. Silabus Mata Pelajaran
  5. RPP

Walaupun RPP ini telah di buat lengkap untuk semester ganjil, namun tujuan dari di sharenya RPP Administrasi Umum ini adalah untuk di guankan sebagai contoh untuk bapak ibu guru dalam membuat RPP yang lebih bagus dan lebih lengkap dari RPP ini. Bukan untuk di copy dan di replace nama guru dan nama sekolahnya.

Berikut adalah tampilan awal RPP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Nama Sekolah                    : SMK Aksa Nusantara

Program Keahlian              : Manajemen Perkantoran

Kompetensi Keahlian        : Akuntasi dan Keuangan Lembaga

Mata Pelajaran                    : Administrasi Umum

Topik                                    : Memahami administrasi

Kelas/ Semester                  : XI/ I ( Satu )

Tahun Pelajaran                  : 2019/2020

Durasi                                    : 12 JP

A. Kompetensi Inti

KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami administrasi

4.1 Mengelompokan jenis-jenis administrasi

3.1.1. Menjelaskan filsafat dan kelompok administrasi

3.1.2. Menjelaskan pengertian administrasi

3.1.3. Menjelaskan unsur- unsur adminnistrasi

3.1.4. Menjelaskan fungsi administrasi

3.1.5. Menjelaskan tujuan administrasi

3.1.6. Menjelaskan manfaat administrasi

3.1.7. Menjelaskan perkembangan administrasi

3.1.8. Membedakan jenisjenis adminstrasi

4.1.1    Memilih administrasi berdasar kelompoknya

4.1.2    Mengelompokkan administrasi berdasar kelompoknya

 

 C. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan Saintifik dan model pembelajaran problem based Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

  1. Peserta didik dapat menjelaskan filsafat dan kelompok administrasi
  2. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian administrasi
  3. Peserta didik dapat menjelaskan unsur- unsur adminnistrasi
  4. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi administrasi
  5. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan administrasi
  6. Peserta didik dapat menjelaskan manfaat administrasi
  7. Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan administrasi
  8. Peserta didik dapat membedakan jenis-jenis adminstrasi
  9. Peserta didik dapat memilih administrasi berdasar kelompoknya
  10. Peserta didik dapat mengelompokkan administrasi berdasar kelompoknya

 

dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik.

 

Nilai-nilai karakter :

  • Peduli
  • Jujur berkarya
  • Tanggung jawab
  • Kerjasama
  • Proaktif
  • Kreatif

 

E. Materi Pembelajaran

Perencanaan kebutuhan pegawai

  1. Filsafat dan kelompok Administrasi
  2. Pengertian Administrasi
  3. Unsur-unsur Administrasi
  4. Fungsi administrasi
  5. Tujuan administrasi
  6. Manfaat administrasi
  7. Perkembangan administrasi
  8. Jenis- jenis administrasi
  9. Pengelompokkan administrasi
  10. Menyajikan jenis-jenis kelompok administrasi

 

F. Pendekatan, Strategi dan Metode

  1. Pendekatan      : Saintifik
  2. Metode            : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
  3. Model              : Problem Based Learning

 

G. Alat dan Media Pembelajaran

  • Video Pembelajaran.
  • Slide Powerpoint.
  • LCD Proyektor.

H. Sumber Belajar

  1. Buku Paket Mediatama
  2. Internet

 

I. Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan        :  1

Alokasi waktu   : 2 JP @ 45 menit

 

RPP Lengkap Silahkan download di link di bawah ini dengan mengklik tombol like,

ulangi lagi dengan mengklik like jika link donwload tidak muncul. Atau silahkan hubungi admin jika kesulitan untuk download.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *