Rpp Teknologi Perkantoran Materi Microsoft Word (2)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(02)

 

Nama Sekolah                         :  SMK Budi Pekerti Luhur

Kompetensi Keahlian              :  Administrasi Perkantoran

Mata Pelajaran                        :  Teknologi Perkantoran

Materi/Topik                          :  Aplikasi Pengolah Kata

Tahun Pelajaran                       :  2017/2018

Kelas/Semester                        :   X / I

Alokasi Waktu                        :   9  x Pertemuan ( 5 x 45 menit)

 

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di
  3. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

 

  1. Kompetensi Dasar
    • Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dankompleksitas alam dan jagat raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
    • Penerapan penggunaan panca indera sebagai alat komunikasi secara efektif dan efisien berdasrkan nilai-nilai agama yang dianut
    • Meyakini bahwa bekerja adalah salah satu bentuk pengamalan perintah Tuha yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
    • Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menggunakan otomatisasi perkantoran
    • Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tangung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
    • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
    • Memiliki sikap pro aktif dalam melakukan kegiatan otomatisasi perkantoran

3.2  Mengidentifikasi cara mengoperasikan aplikasi pengolah kata (word processing)

4.2  Mengoperasikan aplikasi pengolah kata (word processing)

 

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi :
  2. Terlibat aktif dalam pembelajaran aplikasi pengolah kata (word processing)
  3. Bekerjasama dalam kelompok
  4. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
  5. Menjelaskan aplikasi pengolah kata (word processing)
  6. Menguasai langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata
  7. Mampu membuat surat dan sampul surat
  8. Mampu membuat teks dan paragraph
  9. Mampu membuat tabel, surat masal
  10. Mampu menggunakan warna dan objek
  11. Mampu mengedit dokumen dengan menggunakan track changes
  12. Mampu mencetak file dokumen dan menyimpan file dalam folder

 

  1. Tujuan Pembelajaran :

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Teknologi Informasi/Otomatisasi Perkantoran ini, diharapkan siswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran kritik yang membangun serta dapat :

  1. Mengaplikasikan sikap disiplin, rasa ingn tahu, bertanggung jawab dalam proses pembelajaran.
  2. Mengamati Memahami hal yang berkaitan dengan langkah-langkah mengoperasikan aplikasi pengolah kata
  3. Mencari informasi mengenai langkah-langkah mengoperasikan aplikasi pengolah kata
  4. Mengamati cara kerja dengan palikasi pengolah kata, membuat surat dan sampul, teks, paragraph, tabel, surat massal, menggunakan warna dan objek, mencetak file dokumen di sekolah atau di kantor terdekat dan menyimpan dalam folder
  5. Mempraktekan pengolah kata untuk menghasilkan dokumen-dokumen tersebut
  6. Mengolah informasi dari langkah-langkah membuat dokumen kantor dengan aplikasi pengolah kata
  7. Menyampaikan hasil pengamatan dan hasil pengolahan surat dengan palikasi pengolah kata

 

  1. Materi Pokok Pembelajaran

Aplikasi pengolah kata

  • pengolah kata (word processing)
  • langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata
  • membuat surat dan sampul surat
  • membuat teks dan paragraph
  • membuat tabel, surat masal
  • menggunakan warna dan objek
  • mengedit dokumen dengan menggunakan track changes
  • mencetak file dokumen dan menyimpan file dalam folder

 

 

  1. Metode Pembelajaran :
  1. Pendekatan     :  Scientific         
  2. Metode            :  Praktek, Ceramah, tanya jawab, observasi dan pemberian tugas
  3. Model             :  Problem Based Learning

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

         Pertemuan                  :  1- 2

         Alokasi waktu             : 5 JP @ 45 menit

 

Kegiatan Sintak Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu
Guru Siswa
Pendahuluan Apersepsi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran siswa

3.    Memeriksa tugas yang diberikan dalam pertemuan sebelumnya.

4.    Membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Menyampaikann tujuan pembelajaran melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik ke materi sistem kearsipan

6.    Menjelaskan model pembelajanran yang digunakan.

1.      Siswa memberi salam dan berdoa

2.      Siswa mengumpulkan tugas minggu sebelumnya

3.      Siswa mendengarkan penjelasan guru

15 menit
Inti

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

1.    Peserta didik diarahkan untuk mengamati langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sungguh dan teliti  (Mengamati).

2.    Peserta didik diarahkan untuk dapat mendengarkan penjelasan guru tentang langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap rasa ingin tahu, sungguh-sungguh dan teliti. (Mengamati)

3.    Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang dipelajari dari buku pegangan. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi dengan sikap kesungguhan, rasa ingin tau dan sikap toleransi, jika diperlukan guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan/tanggapan. (Menanya)

4.    Peserta didik didorong  untuk dapat mencari informasi mengenai langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sunguh, percaya diri dan toleransi. (eksperimen)

5.    Peserta didik didorong untuk dapat mempraktekan langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan perilaku yang efektif dan efisien (Asosiasi)

6.    Peserta didik didorong untuk mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat, dengan sikap percaya diri, toleransi, kerjasama, sungguh-sungguh dan peduli lingkunngan. (Komunikasi)

Catatan:

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik yang meliputi sikap disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

1.      Peserta didik mengamati penjelasan guru dengan seksama

2.      Siswa menanyakan hal – hal yang kurang dipahami

3.      Siswa mengamati modul yang ada

4.      Siswa mempraktikan materi yang ada di modul

5.      Siswa mempresentasikan materi yang telah di pelajari dan di praktikan.

65 menit
Penutup

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 1.    Memberikan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan.

2.    Menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

3.    Memberikan tugas pada peserta didik

4.    Salam penutup.

1.      Setiap peserta didik melakukan refleksi pembelajaran, dengan membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari 10 menit

 

Pertemuan        :  3

Alokasi waktu   : 5 JP @ 45 menit

 

Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Guru Siswa
Pendahuluan 1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran siswa

3.    Memeriksa tugas yang diberikan dalam pertemuan sebelumnya.

4.    Membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Menyampaikann tujuan pembelajaran melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik ke materi sistem kearsipan

6.    Menjelaskan model pembelajanran yang digunakan.

1.      Siswa memberi salam dan berdoa

2.      Siswa menunjukan tugas pada minggu sebelumnya

3.      Siswa mengamati penjelasan guru tentang model pembelajaran

15 menit
Inti

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

 

 

 

 

 

1.    Peserta didik diarahkan untuk mengamati langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sungguh dan teliti  (Mengamati).

2.    Peserta didik diarahkan untuk dapat mendengarkan penjelasan guru tentang membuat surat dan sampul surat dengan sikap rasa ingin tahu, sungguh-sungguh dan teliti. (Mengamati)

3.    Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang dipelajari dari buku pegangan. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi dengan sikap kesungguhan, rasa ingin tau dan sikap toleransi, jika diperlukan guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan/tanggapan. (Menanya)

4.    Peserta didik didorong  untuk dapat mempraktekan membuat surat dan sampul surat dengan sikap sunguh-sunguh, percaya diri dan toleransi. (eksperimen)

5.    Peserta didik didorong untuk dapat menguasai membuat surat dan sampul surat dengan perilaku yang efektif dan efisien (Asosiasi)

6.    Peserta didik didorong untuk mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat, dengan sikap percaya diri, toleransi, kerjasama, sungguh-sungguh dan peduli lingkunngan. (Komunikasi)

Catatan:

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik yang meliputi sikap disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

1.      Siswa mengamati aplikasi pengolah kata

2.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat surat dan sampul surat

3.      Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum di pahami

4.      Siswa praktik membuat surat dan sampul surat

5.      Siswa mempresentasikan hasil paktik

65 menit
Penutup

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

1.    Memberikan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan.

2.    Menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

3.    Memberikan tugas pada peserta didik

4.    Salam penutup.

1.      Setiap peserta didik melakukan refleksi pembelajaran, dengan membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari

 

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan        :  4

Alokasi waktu   : 5 JP @ 45 menit

 

Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Guru Siswa
Pendahuluan 1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran siswa

3.    Memeriksa tugas yang diberikan dalam pertemuan sebelumnya.

4.    Membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Menyampaikann tujuan pembelajaran melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik ke materi sistem kearsipan

6.    Menjelaskan model pembelajanran yang digunakan.

1.      Siswa memberi salam dan berdoa

2.      Siswa menunjukan tugas minggu sebelumnya

3.      Siswa mendengarkan penjelasan guru

15 menit
Inti

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

1.    Peserta didik diarahkan untuk mengamati langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sungguh dan teliti  (Mengamati).

2.    Peserta didik diarahkan untuk dapat mendengarkan penjelasan guru tentang membuat teks dan paragraph berbagai naskah sederhana dengan sikap rasa ingin tahu, sungguh-sungguh dan teliti. (Mengamati)

3.    Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang dipelajari dari buku pegangan. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi dengan sikap kesungguhan, rasa ingin tau dan sikap toleransi, jika diperlukan guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan/tanggapan. (Menanya)

4.    Peserta didik didorong  untuk dapat mempraktekan membuat teks dan paragraph dengan sikap sunguh-sunguh, percaya diri dan toleransi. (eksperimen)

5.    Peserta didik didorong untuk dapat mempraktekan membuat teks dan paragraph dengan perilaku yang efektif dan efisien (Asosiasi)

6.    Peserta didik didorong untuk mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat, dengan sikap percaya diri, toleransi, kerjasama, sungguh-sungguh dan peduli lingkunngan. (Komunikasi)

Catatan:

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik yang meliputi sikap disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

1.      Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan guru

2.      Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang kurang di pahami

3.      Peserta didik mempraktikan materi teks dan paragraf

4.      Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya

65 menit
Penutup

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

1.    Memberikan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan.

2.    Menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

3.    Memberikan tugas pada peserta didik

4.    Salam penutup.

1.      Setiap peserta didik melakukan refleksi pembelajaran, dengan membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari

2.      Siswa mejawab pertanyaan guru dan atau mengajukan pertanyaan

10 menit

 

 

Pertemuan        :  5

Alokasi waktu   : 5 JP @ 45 menit

 

Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Guru Siswa
Pendahuluan 1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran siswa

3.    Memeriksa tugas yang diberikan dalam pertemuan sebelumnya.

4.    Membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Menyampaikann tujuan pembelajaran melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik ke materi sistem kearsipan

6.    Menjelaskan model pembelajanran yang digunakan.

1.      Siswa memberi salam dan berdoa

2.      Siswa menunjukan tugas pada minggu sebelumnya

3.      Siswa memperhatikan penjelasand dari guru

15 menit
Inti

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

 

 

 

 

 

 

1.    Peserta didik diarahkan untuk mengamati langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sungguh dan teliti  (Mengamati).

2.    Peserta didik diarahkan untuk dapat mendengarkan penjelasan guru tentang tata cara membuat tabel dengan sikap rasa ingin tahu, sungguh-sungguh dan teliti. (Mengamati)

3.    Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang dipelajari dari buku pegangan. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi dengan sikap kesungguhan, rasa ingin tau dan sikap toleransi, jika diperlukan guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan/tanggapan. (Menanya)

4.    Peserta didik didorong  untuk dapat mempraktekan teknik membuat tabel dengan sikap sunguh-sunguh, percaya diri dan toleransi. (eksperimen)

5.    Peserta didik didorong untuk dapat mempraktekan teknik membuat tabel dengan perilaku yang efektif dan efisien (Asosiasi)

6.    Peserta didik didorong untuk mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat, dengan sikap percaya diri, toleransi, kerjasama, sungguh-sungguh dan peduli lingkunngan. (Komunikasi)

Catatan:

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik yang meliputi sikap disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

1.      Siswa mengamati langkah-langkah berkerja dengan aplikasi pengolah kata

2.      Siswa memperhatikan pejelasan guru tentang cara membuat table

3.      Siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran hari ini.

4.

65 menit
Penutup

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

1.    Memberikan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan.

2.    Menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

3.    Memberikan tugas pada peserta didik

4.    Salam penutup.

1.     Setiap peserta didik melakukan refleksi pembelajaran, dengan membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari 10 menit

 

 

Pertemuan        :  6

Alokasi waktu   : 5 JP @ 45 menit

 

Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Guru Siswa
Pendahuluan 1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran siswa

3.    Memeriksa tugas yang diberikan dalam pertemuan sebelumnya.

4.    Membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Menyampaikann tujuan pembelajaran melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik ke materi sistem kearsipan

6.    Menjelaskan model pembelajanran yang digunakan.

1.    Siswa memberi salam dan berdoa

2.    Siswa menunjukan tugas pada pertemuan sebelumnya

3.    Siswa mendengarkan dengan seksama penjelasan dari guru

15 menit
Inti

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

 

 

 

 

 

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

1.    Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang dipelajari dari buku pegangan. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi dengan sikap kesungguhan, rasa ingin tau dan sikap toleransi, jika diperlukan guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan/tanggapan. (Menanya)

2.    Peserta didik didorong  untuk dapat mempraktekan tata cara membuat surat massal dengan sikap sunguh-sunguh, percaya diri dan toleransi. (eksperimen)

3.    Peserta didik didorong untuk dapat mempraktekan teknik tata cara membuat surat massal dengan perilaku yang efektif dan efisien (Asosiasi)

4.    Peserta didik didorong untuk mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat, dengan sikap percaya diri, toleransi, kerjasama, sungguh-sungguh dan peduli lingkunngan. (Komunikasi)

Catatan:

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik yang meliputi sikap disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

1.      Peserta didik diarahkan untuk mengamati langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sungguh dan teliti  (Mengamati).

2.      Siswa mengajukan pertanyaan

3.      Siswa mempraktikan cara membuat surat masal

4.      Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan mereka.

65 menit
Penutup

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

1.    Memberikan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan.

2.    Menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

3.    Memberikan tugas pada peserta didik

4.    Salam penutup.

1.    Setiap peserta didik melakukan refleksi pembelajaran, dengan membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari

2.    Siswa menanyakan hal-hal yang kurang di pahami

10 menit

 

 

Pertemuan        :  7

Alokasi waktu   : 5 JP @ 45 menit

 

Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan
Guru Siswa Alokasi Waktu
Pendahuluan 1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran siswa

3.    Memeriksa tugas yang diberikan dalam pertemuan sebelumnya.

4.    Membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Menyampaikann tujuan pembelajaran melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan peserta didik ke materi sistem kearsipan

6.    Menjelaskan model pembelajanran yang digunakan.

1.      Siswa memberi salam dan berdoa

2.      Siswa menunjukan tugas pada minggu sebelumnya

3.      Siswa memperhatian penjelasan dari guru dengan seksama

 

15 menit
Inti

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

 

1.    Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang dipelajari dari buku pegangan. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi dengan sikap kesungguhan, rasa ingin tau dan sikap toleransi, jika diperlukan guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan/tanggapan. (Menanya)

2.    Peserta didik didorong  untuk dapat mempraktekan teknik mengetik 10 jari buta dengan kecepatan mulai dari 50 epm s/d 200 emp pada naskah sederhana menggunakan warna dan objek dengan sikap sunguh-sunguh, percaya diri dan toleransi. (eksperimen)

3.    Peserta didik didorong untuk dapat mempraktekan teknik menggunakan warna dan objek dengan perilaku yang efektif dan efisien (Asosiasi)

4.    Peserta didik didorong untuk mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat, dengan sikap percaya diri, toleransi, kerjasama, sungguh-sungguh dan peduli lingkunngan. (Komunikasi)

Catatan:

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik yang meliputi sikap disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

1.      Peserta didik diarahkan untuk mengamati langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sungguh dan teliti  (Mengamati).

2.      Siswa menanyakan hal-hal yang tidak dipahami

3.      Siswa mempraktikan materi pembelajaran

4.      Siswa mempresentasikan materi yang di pelajari hari ini.

 

65 menit
Penutup

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

1.    Memberikan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan.

2.    Menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

3.    Memberikan tugas pada peserta didik

4.    Salam penutup.

1.    Setiap peserta didik melakukan refleksi pembelajaran, dengan membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari

2.    Siswa mencatat tugas dan menjawab salam guru

10 menit

 

Pertemuan        :  8

Alokasi waktu   : 5 JP @ 45 menit

 

Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan
Guru Siswa Alokasi Waktu
Pendahuluan 1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran siswa

3.    Memeriksa tugas yang diberikan dalam pertemuan sebelumnya.

4.    Membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Menyampaikann tujuan pembelajaran melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan.

6.    Menjelaskan model pembelajanran yang digunakan.

1.      Siswa memberi salam dan berdoa

2.      Siswa menunjukan tugas pada minggu sebelumnya

3.      Siswa mendengarkan penjelasan guru

15 menit
Inti

 

Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

 

 

 

 

 

 

1.    Peserta didik diarahkan untuk dapat mendengarkan penjelasan guru tentang tata cara mengedit dokumen dengan menggunakan track changes dengan sikap rasa ingin tahu, sungguh-sungguh dan teliti. (Mengamati)

2.    Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang dipelajari dari buku pegangan. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi dengan sikap kesungguhan, rasa ingin tau dan sikap toleransi, jika diperlukan guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan/tanggapan. (Menanya)

3.    Peserta didik didorong  untuk dapat mempraktekan mengedit dokumen dengan menggunakan track changes dengan sikap sunguh-sunguh, percaya diri dan toleransi. (eksperimen)

4.    Peserta didik didorong untuk dapat mempraktekan mengedit dokumen dengan menggunakan track changes dengan perilaku yang efektif dan efisien (Asosiasi)

5.    Peserta didik didorong untuk mempresentasikan bahan presentasi yang telah dibuat, dengan sikap percaya diri, toleransi, kerjasama, sungguh-sungguh dan peduli lingkunngan. (Komunikasi)

Catatan:

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap peserta didik yang meliputi sikap disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

1.      Peserta didik diarahkan untuk mengamati langkah-langkah bekerja dengan aplikasi pengolah kata dengan sikap sunguh-sungguh dan teliti  (Mengamati).

2.      Siswa mendengarkan penjelasan guru

3.      Siswa menanyakan hal-hal yang kurang di pahami

4.      Siswa mempratikan cara mengedit dokumen

5.      Siswa mempresentasikan hasil pembelajaran hari ini.

 

65 menit
Penutup

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

1.    Memberikan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan.

2.    Menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.

3.    Memberikan tugas pada peserta didik

4.    Salam penutup.

1.      Setiap peserta didik melakukan refleksi pembelajaran, dengan membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari

2.      Mencatat tugas dan memberikan salam

 

10 menit

        

 

 

 

  1. Alat/Bahan/Sumber/Media Belajar

 

  1. Media :
  2. Power point materi aplikasi pengolah kata (Ms. Word 2007)
  3. Contoh dokumen yang telah di cetak

 

  1. Alat :
  2. Laptop
  3. LCD proyektor
  4. Flash disk
  5. Computer

 

  1. Sumber Belajar :
  2. Modul KKPI tingkat X, XI, XII (Armico)
  3. Modul KKPI tingkat X, XI, XII (Yudhistira)
  4. Modul KKPI tingkat X, XI, XII (Erlangga)
  5. Modul Otomatisasi Perkantoran (Novia Umiati Santoso – kalangan sendiri)
  6. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern (Badri Munir Sukoco), Erlangga
  7. Buku Manajemen Administrasi Perkantoran Modern (Geoffrey Millis dkk) Binarupa Aksaran
  8. Laboratorium Adm. Perkantoran

 

 

  1. Penilaian :

 

  1. Teknik Penilaian :
  2. Pengamatan
  3. Tes tertulis
  4. Observasi
  5. Tugas
  6. Praktek
  7. Bentuk Instrumen :
  8. Job sheet Praktek
  9. Soal Essay

 

  1. Instrumen Penilaian Terlampir

 

  1. Prosedur Penilaian :

 

No. Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1 Sikap

1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran

2.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

3.      Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif

Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi.
2 Pengetahuan

Menjelaskan kembali langkah-langkah mengoperasikan aplikasi pengolah kata

Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok.
3 Ketrampilan

Terampil dalam mempraktekkan langkah-langkah mengoperasikan aplikasi pengolah kata

Pengamatan Penyelesaian tugas kelompok dan saat diskusi.

 

Jakarta,                  Juli 2017

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Nur Prabawa Wijaya., MM                                                        Nur Prabawa Wijaya

Rpp Teknologi Perkantoran SMK lengkap satu semester bisa di download disini