RPP Administrasi Humas dan Keprotokolan Lengkap Kurikulum 2013
|Perubahan kurikulum tentu membuat kita melakukan perubahan di berbagai bidang slah satunya adalah perubahan dalam pembuatan RPP, dalam kurikulum 2013 RPP nya sedikit berbeda dengan RPP pada KTSP, selain format dalam kurikulum 2013 untuk jurusan administrasi perkantoran banyak muncul pelajaran-pelajaran baru, administrasi humas dan keprotokolan adalah salah satunya.
Berikut adalah salah satu contoh RPP administrasi humas dan keprotokolan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Cinta Kasih Tzu Chi
Kelas/Semester : XI/3
Mata Pelajaran : Administrasi Humas dan Keprotokolan
Topik : Pengertian Humas
Pertemuan ke : 1
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan menamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar
- Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya (1.1)
- Penerapkan disiplin waktu dan mengikuti aturan yang berlaku sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai agama yang dianut (1.2)
- Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran administrasi humas dan keprotokolan (2.1)
- Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah (2.2)
- Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja (2.3)
- Memiliki Sikap proaktif dalam melakukan pembelajaran administrasi humas dan keprotokolan (2.4)
- Mendeskripsikan pengertian humas (3.1)
- Mengirim pesan kepada publik (3.2)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menunjukkan nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan ramah lingkungan)
- Menghargai kerja individu dan kelompok
- Memiliki sikap proaktif dalam pembelajaran
- Mendeskripsikan pegertian humas
- Mengirim pesan kepada publik
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
- Menunjukan sikap syukur
- Menunjukan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun dan ramah lingkungan
- Menghargai kerja individu dan kelompok
- Menunjukan sikap proaktif dalam pembelajaran
- Mendeskripsikan pengertian humas
- Mengirim pesan kepada publik
E. Materi Ajar
Pengertian hubungan masyarakat
F. Alokasi Waktu
2 x 45 menit
G. Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Strategi : Cooperative
Metode : Diskusi, tanya jawab dan penugasan
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi waktu |
Pendahuluan |
|
10 menit |
Inti |
|
60 menit |
Penutup |
|
20 menit |
I. Penilaian Hasil Belajar
- Tugas : memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan kegiatan humas (soal terlampir)
- Observasi
Lembar pengamatan diskusi (terlampir) - Portofolio : Laporan tertulis tentang hasil kegiatan humas (kriteria penilaian terlampir)
- Tes : Tes tertulis bentuk uraian (soal terlampir)
J. Sumber Belajar :.
- Modul Humas
- White board/papan flanel
- Power point
- LCD
- Internet
Mengetahui, Jakarta, Juli 2014
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
Lampiran
- Penilaian Hasil Belajar
- Tugas : Buatlah artikel tentang sejarah berdirinya sebuah perusahaan/UKM yang ada di sekitar tempat tinggal siswa.
- Observasi
Lembar pengamatan diskusi
Rubrik kegiatan Diskusi
No. |
Nama Siswa |
A s p e k P e n g a m a t a n |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ket | ||||
Kerja sama |
Meng- komunika sikan pen-dapat |
Toleransi |
Keaktifan |
Menghargai pendapat teman |
|||||
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹ 60 : Kurang
3. Portofolio
Laporan tertulis tentang hasil kegiatan humas
Format Penilaian Laporan
No. | Krteria Penilaian | Skor Maksimal | Keterangan |
1. | Sitematika laporan | 5 | |
2. | Bahasa | 5 | |
3. | Isi laporan | 10 | |
4. | Tampilan | 5 | |
25 | |||
Nilai : (skor maksimal/25) x 100 |
4. Tes
Tes tertulis bentuk uraian
– Jelaskan pengertian humas
– Sebutkan contoh-contoh kegiatan humas, minimal 5 contoh
– Jelaskan tujuan humas
– Jelaskan manfaat humas
Skor per soal = 5
Nilai = (Skor perolehan/20) x 100
Silahkan di like pada tombol berikut maka link download akan muncul
Silahkan like pakai facebook pada link diatas, maka url download rpp akan muncul