RPP dan Silabus K3LH silahkan di Download
|Dengan kembalinya KTSP kembalilah kita pada administrasi nya, berikut adalah silabus, RPP, dan perangkat pembelejaran lainnya untuk mata pelajaran K3LH rumpun bisnis dan manajemen.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Bidang Keahlian : Manajemen Bisnis
Kompetensi Keahlian : Akuntansi
Kelas : X AK, XII AK
Semester : Gasal
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
1. Standart Kompetensi : Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH)
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja
3. Indikator pencapaian kompetensi
3.1. Menjelaskan pengertian K3
3.2. Mengidentifikasi tujuan dan ruang lingkup K3
3.3. Menjelaskan dasar hukum K3 dan perkembanganny
4. Tujuan pembelajaran
4.1 Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian K3
4.2 Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi tujuan dan ruang lingkup K3
4.3 Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menjelaskan dasar hukum K3 dan perkembangannya.
v Karakter yang di harapkan : Setelah mempelajari pengertian K3, tujuan dan ruang lingkup K3 di harapkan siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
5. Materi Pembelajaran
5.1. Pengertian keselamatan dan kesehatan kerja
5.2. Tujuan dan ruang lingkup keselamatan dan kesehatan kerja
5.3. Dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja serta perkembangannya
6. Metode Pembelajaran
6.1 Ceramah bervariasi
6.2 Tanya jawab
6.3 Evaluasi
6.4 Diskusi
- Kegiatan dan Alokasi Waktu
Pertemuan 1
No. |
Jenis Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Metode |
1
2
3 |
Kegiatan Awal- Apersepsi :
– Motivasi :
Kegiatan Inti EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
Penutup
|
10 menit
5 menit
60 menit
15 menit |
Tanya jawab
Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
Diskusi, presentasi
Tanya jawab dan evaluasi
|
Pertemuan 2
No. |
Jenis Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Metode |
1
2
3 |
Kegiatan Awal- Apersepsi :
– Motivasi :
Kegiatan Inti EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
Penutup
|
10 menit
5 menit
60 menit
15 menit |
Tanya jawab
Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
Ceramah bervariasi dan diskusi
Tanya jawab dan evaluasi
|
Pertemuan 3
No. |
Jenis Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Metode |
1
2
3 |
Kegiatan Awal- Apersepsi :
– Motivasi :
Kegiatan Inti EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
Penutup
|
10 menit
5 menit
60 menit
15 menit |
Tanya jawab
Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
Diskusi
Tanya jawab
|
Pertemuan 4
No. |
Jenis Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Metode |
1
2
3 |
Kegiatan Awal- Apersepsi :
– Motivasi :
Kegiatan Inti EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
Penutup
|
10 menit
5 menit
60 menit
15 menit |
Tanya jawab
Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
Diskusi
Tanya jawab
|
7. Alat dan Bahan/Sumber BelajarAlat
- White Board
- Spidol
- Laptop
- Power Point
- LCD
8. Bahan/Sumber Belajar
– Suryani Dkk.2011.Menerapkan K3LH. Bekasi: Galaxy Puspa Mega
– Euis Honiatri, Tintin Astini dan Endang Tri Murti. 2010. Menerapkan KESELAMATAN, KESEHATAN, KEAMANAN KERJA, DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH). Bandung : Armico.
9. Penilaian
Soal
Perintah : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !!
- Jelaskan pengertian keselamatan dan kesehatan kerja menururt Mangkunegara!
- Sebutkan kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja !
- Sebutkan tujuan K3 menururt Mangkunegara !
- Sebutkan tugas dan tanggung jawab pekerja dalam usaha-usaha penerapan K3!
- Produk perundang-undangan yang dikeluarkan pemerintah tentang K3 pada dasarnya mengatur tentang hak dan kewajiban tenaga kerja terhadapa keselamatan kerja, apa sajakah hak dan kewajiba pekerja tersebut ?
Kunci
1. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan, baik jasmaniah maupun rohaniah, tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat makmur dan adil.
2. Kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja :
Kerusakan
Kekacauan organisasi
Keluhan dan kesedihan
Kelainan dan cacat
Kematian
3. Tujuan K3 menurut Mangkunegara :
- Memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja kepada setiap pekerja,baik secara fisik, sosial, maupun psiokologis.
- Mengusahakan agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya.
- Menjaga keamanan semua hasil produksi
- Memberikan jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan gizi pekerja.
- Meningkatkan kegairahan, keserasian kerja, dan partisipasi kerja.
- Mencegah terjadinya ganguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja.
- Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja
4. Tugas dan tanggung jawab pekerja adalah sebagai berikut :
-
- Mempelajari dan melaksanakan aturan dan instruksi keselamatan kerja
- Memberikan contoh cara kerja yang aman kepada pekerja baru yang kurang berpengalaman.
- Menunjukan kesiapan dan minat untuk mempelajari dan melatih diri terhadap kerja yang aman
- Melakukan secara sungguh-sungguh keselamatan kerja pada setiap tugas pekerjaan
5. Hak dan kewajiban tenaga kerja terhadap keselamatan kerja
-
-
- Memberikan keterangan yang benar bila diminta oleh pegawai pengawas dan/atau ahli keselamtan kerja.
- Memakai alat-alat perlindungan diri yang diwajibkan.
- Memenuhi dan menaati semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan.
- Meminta pada pengurus agar melaksanakan semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan
- Pekerja menyatakan kebereatan pada pekerjaan di mana syarat keselamatan dan kesehatan kerja, serta alat-alat perlindungan diri yang diwajibkan diragukan oleh pekerja, kecuali dalam hal-hal khusus ditentukan lain oleh pegawai pengawas dalam batas-batas yang masih dapat di pertanggungjawabkan.
- Penilaian/Norma
-
Penilaian berdasarkan bobot nilai yang didapat dari masing-masing soal, di mana bobot masing-masing soal adalah sebagai berikut :
Nomor 1 à 20
Nomor 2 à 20
Nomor 3 à 20
Nomor 4 à 20
Nomor 5 à 20
Sehingga apabila semua lengkap dan benar maka akan mendapat total nilai 100.
.
10. Tugas
10.1. Terstruktur
Tugas terstruktur diberikan dengan memberi tugas/pekerjaan rumah kepada siswa, di mana tugas tersebut harus dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Soal : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
- Menurutmu, apakah penerapan hukum yang mengatur tentang K3 sudah berjalan efektif di Indonesia?
10.2. Tidak Terstruktur
Tugas mencari permasalahan K3 dari berabagai seumber.
Jakarta, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMK Budi Pekerti Guru Mata Pelajaran
Nur Bintang., SE Dwi Aris Nurohman, S.Pd
Silahkan di like maka link download akan muncul
Silahkan di like tombol diatas diatas maka link download akan muncul
Terimakasih