RPP dan Silabus K3LH silahkan di Download

Dengan kembalinya KTSP kembalilah kita pada administrasi nya, berikut adalah silabus, RPP, dan perangkat pembelejaran lainnya untuk mata pelajaran K3LH rumpun bisnis dan manajemen.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan              : Sekolah Menengah Kejuruan

Bidang Keahlian                 : Manajemen Bisnis

Kompetensi Keahlian          : Akuntansi

Kelas                                   : X AK, XII AK

Semester                              : Gasal

Alokasi Waktu                    : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)

 

1. Standart Kompetensi        :  Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH)

2. Kompetensi Dasar             :  Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja

3. Indikator pencapaian kompetensi

3.1. Menjelaskan pengertian K3

3.2. Mengidentifikasi tujuan dan ruang lingkup K3

3.3. Menjelaskan dasar hukum K3 dan perkembanganny

4. Tujuan pembelajaran

4.1  Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menjelaskan      pengertian K3

4.2 Setelah proses pembelajaran, siswa  diharapkan dapat mengidentifikasi tujuan dan ruang lingkup K3

4.3 Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat menjelaskan dasar hukum K3 dan perkembangannya.

v   Karakter yang di harapkan : Setelah mempelajari pengertian K3, tujuan dan ruang lingkup K3 di harapkan siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

 

5. Materi Pembelajaran

5.1. Pengertian keselamatan dan kesehatan kerja

5.2. Tujuan dan ruang lingkup keselamatan dan kesehatan kerja

5.3. Dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja serta perkembangannya

 

6. Metode Pembelajaran

6.1   Ceramah bervariasi

6.2   Tanya jawab

6.3   Evaluasi

6.4   Diskusi

  1. Kegiatan dan Alokasi Waktu

Pertemuan 1

No.

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Metode

1

 

 

2

 

3

Kegiatan Awal- Apersepsi :

  • Memberi salam kepada siswa
  • Kesiapan siswa dalam pembelajaran (absensi, mengetahui keadaan siswa, dan kebersihan kelas)

– Motivasi :

  • Informasi kompetensi yang ingin dicapai
  • Bertanya kepada siswa tentang hal yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
  • Guru memberi pengantar tentang materi baru yang akan disampaikan

 

Kegiatan Inti

EKSPLORASI

  1. Melakukan kajian literature tentang pengertian keselamatan, kesehatan dan keamanan kerja.

ELABORASI

  1. Siswa berdiskusi tentang pengertian keselamatan, kesehatan dan keamanan kerja dengan memberikan contoh-contohnya.
  2. Siswa mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.

KONFIRMASI

  1. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Penutup

  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.
  2. Jika semua siswa telah mengerti maka guru memberikan beberapa pertanyaan sebagai evaluasi (tes tertulis)
  3. Guru menutup kegiatan belajar-mengajar dengan salam
10 menit

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

Tanya jawab

 

 

Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

 

Diskusi, presentasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanya jawab dan evaluasi

 

 

Pertemuan 2

No.

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Metode

1

 

2

 

 

3

Kegiatan Awal- Apersepsi :

  • Memberi salam kepada siswa
  • Kesiapan siswa dalam pembelajaran (absensi, mengetahui keadaan siswa, dan kebersihan kelas)

– Motivasi :

  • Informasi kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menanyakan materi pada pertemuan sbelumnya yaitu tentang pengertian K3.
  • Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.

 

 

Kegiatan Inti

EKSPLORASI

  1. Guru menyampaikan informasi tentang bahan ajar secara umum
  2. Siswa mengkaji permasalahan yang berkaitan dengan tujuan dan ruang lingkup keselamatan dan kesehatan kerja

ELABORASI

  1. Siswa berdiskusi tentang permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan tujuan dan ruang lingkup keselamatan dan kesehatan kerja
  2. Siswa melakukan presentasi secara berkelompok

KONFIRMASI

  1. Memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi siswa.

Penutup

  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.
  2. Guru menutup kegiatan belajar-mengajar dengan salam
10 menit

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

Tanya jawab

 

 

Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

 

 

 

Ceramah bervariasi dan diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanya jawab dan evaluasi

 

 

 

Pertemuan 3

No.

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Metode

1

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

Kegiatan Awal- Apersepsi :

  • Memberi salam kepada siswa
  • Kesiapan siswa dalam pembelajaran (absensi, mengetahui keadaan siswa, dan kebersihan kelas)

– Motivasi :

  • Informasi kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menanyakan materi pada pertemuan sbelumnya yaitu tentang tujuan dan ruang lingkup keselamatan dan kesehatan kerja
  • Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
  • Guru memberi pengantar tentang materi baru yang akan disampaikan

 

Kegiatan Inti

EKSPLORASI

  1. Siswa menyimak  penjelasan tentang dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja serta perkembangannya.

ELABORASI

  1. Siswa menelaah tentang dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja serta perkembangannya.
  2. Siswa berdiskusi tentang dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja.

KONFIRMASI

  1. Siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan;

Penutup

  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.
  2. Guru menutup kegiatan belajar-mengajar dengan salam
10 menit

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

Tanya jawab

 

 

Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

 

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanya jawab

 

 

Pertemuan 4

No.

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Metode

1

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

Kegiatan Awal- Apersepsi :

  • Memberi salam kepada siswa
  • Kesiapan siswa dalam pembelajaran (absensi, mengetahui keadaan siswa, dan kebersihan kelas)

– Motivasi :

  • Informasi kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menanyakan materi pada pertemuan sbelumnya yaitu tentang dasar hukum K3
  • Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
  • Guru memberi pengantar tentang materi baru yang akan disampaikan

 

Kegiatan Inti

EKSPLORASI

  1. Siswa menyimak  penjelasan tentang perkembangan keselamatan dan kesehatan kerja di indonesia

ELABORASI

  1. Siswa menelaah tentang dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja serta perkembangannya.
  2. Siswa berdiskusi tentang dasar hukum keselamatan dan kesehatan kerja serta perkembangannya..

KONFIRMASI

  1. Siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan;

 

Penutup

  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.
  2. Guru menutup kegiatan belajar-mengajar dengan salam
10 menit

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

Tanya jawab

 

 

Pemberitahuan kompetensi yang akan dicapai, dan menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanya jawab

 

 

7. Alat dan Bahan/Sumber  BelajarAlat

  • White Board
  • Spidol
  • Laptop
  • Power Point
  • LCD

 

8. Bahan/Sumber Belajar

–          Suryani Dkk.2011.Menerapkan K3LH. Bekasi: Galaxy Puspa Mega

–          Euis Honiatri, Tintin Astini dan Endang Tri Murti. 2010. Menerapkan KESELAMATAN, KESEHATAN, KEAMANAN KERJA, DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH). Bandung : Armico.

 

9. Penilaian

Soal

Perintah : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !!

  1. Jelaskan pengertian keselamatan dan kesehatan kerja menururt Mangkunegara!
  2. Sebutkan kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja !
  3. Sebutkan tujuan K3 menururt Mangkunegara !
  4. Sebutkan tugas dan tanggung jawab pekerja dalam usaha-usaha penerapan K3!
  5. Produk perundang-undangan yang dikeluarkan pemerintah tentang K3 pada dasarnya mengatur tentang hak dan kewajiban tenaga kerja terhadapa keselamatan kerja, apa sajakah hak dan kewajiba pekerja tersebut ?

Kunci

1. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan, baik jasmaniah maupun rohaniah, tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat makmur dan adil.

2. Kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja :

Kerusakan
Kekacauan organisasi
Keluhan dan kesedihan
Kelainan dan cacat
Kematian

3. Tujuan K3 menurut Mangkunegara :

  1. Memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja kepada setiap pekerja,baik secara fisik, sosial, maupun psiokologis.
  2. Mengusahakan agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya.
  3. Menjaga keamanan semua hasil produksi
  4. Memberikan jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan gizi pekerja.
  5. Meningkatkan kegairahan, keserasian kerja, dan partisipasi kerja.
  6. Mencegah terjadinya ganguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja.
  7. Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja

4. Tugas dan tanggung jawab pekerja adalah sebagai berikut :

    1. Mempelajari dan melaksanakan aturan dan instruksi keselamatan kerja
    2. Memberikan contoh cara kerja yang aman kepada pekerja baru yang kurang berpengalaman.
    3. Menunjukan kesiapan dan minat untuk mempelajari dan melatih diri terhadap kerja yang aman
    4. Melakukan secara sungguh-sungguh keselamatan kerja pada setiap tugas pekerjaan

5. Hak dan kewajiban tenaga kerja terhadap keselamatan kerja

      1. Memberikan keterangan yang benar bila diminta oleh pegawai pengawas dan/atau ahli keselamtan kerja.
      2. Memakai alat-alat perlindungan diri yang diwajibkan.
      3. Memenuhi dan menaati semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan.
      4. Meminta pada pengurus agar melaksanakan semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan
      5. Pekerja menyatakan kebereatan pada pekerjaan di mana syarat keselamatan dan kesehatan kerja, serta alat-alat perlindungan diri yang diwajibkan diragukan oleh pekerja, kecuali dalam hal-hal khusus ditentukan lain oleh pegawai pengawas dalam batas-batas yang masih dapat di pertanggungjawabkan.
      6. Penilaian/Norma

Penilaian berdasarkan bobot nilai yang didapat dari masing-masing soal, di mana bobot masing-masing soal adalah sebagai berikut :

Nomor 1 à 20

Nomor 2 à 20

Nomor 3 à 20

Nomor 4 à 20

Nomor 5 à 20

Sehingga apabila semua lengkap dan benar maka akan mendapat total nilai 100.

.

10. Tugas

10.1. Terstruktur

Tugas terstruktur diberikan dengan memberi tugas/pekerjaan rumah kepada siswa, di mana tugas tersebut harus dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Soal : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

  1. Menurutmu, apakah penerapan hukum yang mengatur tentang K3 sudah berjalan efektif di Indonesia?

 

10.2. Tidak Terstruktur

Tugas mencari permasalahan K3 dari berabagai seumber.

 

 

Jakarta,    Juli 2012

Mengetahui,

Kepala SMK Budi Pekerti                         Guru Mata Pelajaran

 

Nur Bintang., SE                                          Dwi Aris Nurohman, S.Pd

Silahkan di like maka link download akan muncul

 

 

Silahkan di like tombol diatas diatas maka link download akan muncul

 

Terimakasih