Materi Psikologi Faal

Ilmu psikologi memiliki banyak sekali cabang diantaranya adalah psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi kognitif, psikologi abnormal dan lain sebagainya. Dalam kesempatan kali ini kita akan mebahasa salah satu cabang dari psikologi yang memang jarang untuk di bahas yaitu psikologi faal.

psikologi faal
image from : niu.edu

Pengertian psikologi faal adalah psikologi yang mempelajari perilaku manusia berkaitan dengan fungsi dan kerja alat-alat tubuh. Hal ini artinya kondisi tubuh dan kerja alat-alat tubuh mempengaruhi perilaku manusia yang meliputi kemampuan kognisi, kemampuan afeksi dan kemampuan konasi.

Dalam perkembangan ilmu psikologi faal di dunia barat bernama Biopsikologi, dalam kajiannya biospikologi memiliki lima bagian utama yaitu :

Physiological psychology yaitu manipulasi sistem saraf dengan menggunakan operasi, terapi elektrik dan kimiawi.

Psychoparmacology yaitu bagian dari biopsikologi yang melakukan manipulasi sistem saraf dengan penggunaan media kimia atau dengan obat-obatan.

Neuropsychology adalah bagian dari biospikologi yang mempelajari kemuduran perilaku akibat kerusakan dari otak manusia.

Psychophisiology adalah bagian dari biopsikologi yang mempelajari bagaimana perubahan kondisi fisiologis dan pengaruhnya terhadap perilaku manusia.

Comparative Psychology adalah bagian dari bipsikologi yang lebih cenderung menggunakan pendekatan biologis daripada mengguankan pendekatan mekanisme sistem saraf.

Menurut pendekatan biopsikolgi perilaku adalah hasil interaksi antara tiga faktor yaitu :

  1. kapasitas genetik individu yang merupakan hasil dari evolusi
  2. pengalaman
  3. persepsi individu

Dalam pendekatan psikologi faal ada beberapa hal yang nantinya aka anda pelajari diantanyan adalah sistem saraf, bagaimana cara kerja otak, emosi manusia dari sudut pandang psikolgi faal, evolusi otak manusia, gen, sistem reproduksi manusia, sistem sensori manusia, gangguan mental dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel tentang materi psikologi faal sebagai perkenalan saja dan semoga pengertian psikologi faal ini bisa bermanfaat buat para pembaca.