RPP OTK Kepegawaian Kelas XII Semester Ganjil Kurikulum 2013 1 Lembar Metode PJJ

Silahkan download RPP OTK Kepegawaian kelas XII Semester Ganjil, untuk SMK jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

RPP menggunakan versi 1 lembar sesuai dengan kurikulum 2013 terbaru.

RPP menggunakan metode pembelajaran jarak jauh di karena kita sedang belajar dari rumah.

Silahkan download di sini :

Cover
Silabus
Alokasi waktu
Program Tahunan dan Program Semester
KKM
RPP KD 12
RPP KD 13
RPP KD 14
RPP KD 15
RPP KD 16

Contoh RPP nya adalah sebagai berikut ini :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
Kelas/Semester : XII/V
Satuan Pendidikan : SMK Cinta Kasih Tzu Chi
Materi Pokok : Disiplin Pegawai
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 24 JP

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian disiplin
  2. Menguraikan kewajiban pegawai
  3. Mengemukakan larangan pegawai
  4. Mengidentifikasi tingkat dan jenis hukuman disiplin
  5. Menjelaskan penjatuhan hukuman disiplin
  6. Melakukan identifikasi kasus pelanggaran disiplin pegawai
  7. Melakukan identifikasi hukuman atas pelanggaran yang dilakukan pegawai
  8. Membuat dokumen terkait kegiatan hukuman disiplin pegawai

Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, jujur, kreatif, mandiri, dan rasa ingin tahu

B. Kegiatan Pembelajaran

:: Pertemuan 1

  1. Pendahuluan
    Salam, doa, memotivasi, menjelaskan skenario, dan memastikan sasaran pembelajaran, serta aspek-aspek penilaian, guru memberikan kesempatan siswa untuk melakukan absensi melaui google clasroom dan guru menyampaikan masalah yang akan dipecah menjadi materi, tujuan pembelajaran dan KD yang ingin dicapai melalui via daring.
  2. Inti
    a. Guru mengajukan pertanyaan singkat dan siswa diberi kesempatan untuk menjawab.
    b. Guru mengarahkan pertanyaan dan jawaban tentang materi yang akan di pelajari hari ini.
    c. Guru menayangkan video materi pembelajaran, siswa memperhatikan
    d. Guru mempersilahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dari video yang telah di tonton, siswa juga di beri kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa lain, guru mengarahkan tanya jawab ini menjadi sebuah diskusi kecil.
    e. Guru mejelaskan materi yang masih kurang atau perlu penjelasan yang lebih dalam.
    f. Guru memberikan tugas kepada siswa tentang materi menjelaskan pengertian disiplin dan kewajiban pegawai.
    g. Guru meminta peserta didik menyajikan hasil dengan cara mempost hasil pekerjaan mereka dalam Google Classroom.
    h. Guru meminta peserta didik untuk membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang dilakukan secara daring.
    i. Kemudian guru memberikan evaluasi dan feedback sederhana berbentuk soal melalui Google Form. Dari hasil soal tersebut, peserta didik dapat langsung memperoleh hasil dan memberikan pujian pada peserta didik yang memiliki nilai tertinggi dan yang paling cepat dalam pengerjaan soal.
  3. Refleksi dan Konfirmasi
    a. Guru dan siswa menyimpulkan
    b. Melakukan refleksi/tanya jawab, penugasan, dan informasi untuk materi berikutnya.

C. Penilaian
a. Pengetahuan
Ter tertulis berbentuk soal pilihan ganda atau essay melalui aplikasi Google Classroom
b. Keterampilan
Hasil Kerja Siswa, Portofolio berbentuk rubrik penilaian kerja
c. Sikap
Observasi dan Penilaian Diri berbentuk jurnal penilaian sikap dan angket

Mengetahui Jakarta, Juli 2020
Kepala SMK Guru Mata Pelajaran